Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Curhatan, Curasi, Dramatisasi dan Tingkah laku gue sehari-hari yang dikemas dalam tulisan.:P

Vent 131 - Ranu Kumbolo : Part 1

Ranu Kumbolo part 1

"Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Dalam Bahasa Jawa, ranu berarti danau, sementara kumbolo berarti berkumpul. Jadi secara harfiah Ranu Kumbolo berarti danau tempat berkumpul. Terletak 2400-2600m diatas permukaan laut."



Liburan semester ini aku melakukan pendakian ke Semeru. Tujuan pendakian ini adalah untuk nge camp di Ranu Kumbolo.  Jadi cerita kali ini menceritakan perjalanan ku yang newbie abis bareng temen-temen  yang hampir 50%nya “pertama kali melakukan pendakian dan camping 2 hari 1 malam. So mungkin cerita ini berguna bagi kalian yang ingin mendaki semeru khususnya Ranu kumbolo.

Start dari Kota Indah bernama Malang dengan menggunakan sepeda motor (6 spd) 12 orang (Alfian, Kreshna, Ahmad, Yufan, Merrys, Atika, Evy, Inez, Nurul, Nina, Amel dan aku) kami menuju tumpang  (pasar tumpang). Kemudian menitipkan motor di rumah temennya Nurul dan dilanjutkan dengan menaiki jeff yang langsung mengantarkan kami ke Ranupani (Tempat Start Pendakian).

Sampai disana aku menunggu beberapa puluh menit karena yang lain sedang mengurus surat ijin masuk. Aku sendiri berkeliling melihat-lihat tempat sekitar dan kebanyakan disana terdapat warung dan toko souvenir. Setelah pengurusan surat ijin selesai kami setuju kalau Ka Ahmad menjadi leader di pendakian kali ini. Dengan perkiraan sampai di lokasi dalam waktu 4-5 jam kami pun berdoa terlebih dahulu.

Start Pukul 11.00 wib kami melakukan pendakian. Jalur umum pendakian sudah jelas dengan palang-palang penunjuk jalannya jadi tidak bakalan tersesat. Awalnya semuanya pada bersemangat tapi lama ke lamaan masalah mulai bermunculan. Si nurul dan Inez sakit padahal belum satu jam perjalanan ._.” . Akhirnya kami membuat beberapa tongkat untuk membantu perjalanan. Setelah kurang lebih 2-3 jam akhirnya tiba juga di Pos 1. Anak-anak langsung beristirahat di tempat itu (exhausted banget mereka :v soalnya dikiranya itu sudah pos ke dua.. hahaha). Aku sudah merasa kasihan dengan 2 orang yang membawa 2 carrier besar kemudian aku menjadi voulenter untuk membawa salah satunya (gila berat banget!!).  Kami juga berpapasan dengan para pendaki yang  turun dan saling menyemangati 1 sama lain :D  (sampai-sampai ada artis yang juga mendaki -  mencolok banget -_-“)

Perjalanan sudah memakan waktu 5 jam. Melewati perkiraan yang kami harapkan dan itu baru mencapai pos ke 2 (sering berhenti soalnya --). Hari sudah mulai gelap dan itu sangat berbahaya bagi pendaki awam (bagi semua pendaki laa ._.) ketika mencapai pos 3 kami tidak berlama-lama dan langsung melanjutkan perjalanan. Oh iya kami juga sudah sampai berada di ketinggian 2300m (sudah berada di atas awan ;) ). Teman-teman pada takjub pada pemandangan itu tapi aku malah acuh sama hal itu :v hahaha (energi sudah hampir pada batasnya).

Teman-teman semuanya sudah desperate banget karena destination tidak pernah terlihat. Saat kami memutuskan untuk tidak menyerah (aseekk) akhirnya Danau Ranukumbolo mulai terlihat!! (heaven banget T.T). Sayangnya tempat camp ada di sisi lain posisi kami pertama melihat danau. Akhirnya mengitari danau ranu yang luasnya banget pake kuadrat itu. 



Finish pukul 18.30 di Ranukumbolo (hampir 8 jam!!!). Kami pun membangun tenda. Agak lama membangun tenda karena hari sudah malam dan agak kesusahan melihat lokasi. Sebenarnya kami membawa 2 tenda dome besar tapi Cuma kepasang 1 karena sudah ga tahan ama dinginnya lokasi ini. Akhirnya 12 orang + barang masuk ke tenda yang kapasitas Cuma 8-10 orang itu. Hari sudah semakin malam dan suasana sudah semakin mencekam, apalagi ka Ahmad cerita tentang "legenda danau ranu, katanya dulu ada wanita yang meninggal di dalam danau dan sampai sekarang para pendaki sering melihat sosok wanita itu kalau cahaya bulan tepat menyinari seluruh danau di malam hari" --" (yang penasaran silakan search ada di gugle). Ketika suasana semakin dingin maka kami memutuskan untuk tidur dan semuanya masuk ke dalam tenda. Semuanya menyelimuti diri dengan sleeping bag masing-masing. 

Setelah itu kurang lebih jam 11 atau jam 12 kami mendengar suara grasak grusuk suara orang di sebelah tenda kami, sebenarnya tidak ada orang yang mendirikan tenda dekat lokasi kami...

-end of Ranu Kumbolo part 1-

source:
pic 1 : arematravel.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar